Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Saat paling tepat untuk memulai sebuah perencanaan keuangan keluarga adalah pada saat anda menikah. Menikah merupakan salah satu langkah terbesar dan terpenting dalam hidup yang butuh perencanaan matang.

Salah satu hal yang paling vital dalam sebuah rumah tangga adalah masalah keuangan. Mapannya keuangan merupakan salah satu alasan utama bagi sebuah pasangan untuk berani masuk ke jenjang pernikahan.

Keuangan keluarga yang tidak dikelola dengan baik bisa menjadi sumber pertengkaran dalam rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa tips keuangan untuk anda yang baru saja memulai sebuah bahtera pernikahan.

Pertimbangkan untuk mulai membuka rekening keluarga. Sebelum menikah mungkin anda sudah memiliki rekening pribadi, namun setelah menikah usahakan untuk membuat rekening satu lagi yang bisa anda dan pasangan isi bersama.

Rekening keluarga ini harus disepakati sebelumnya hanya digunakan untuk membayar keperluan bersama seperti membayar cicilan rumah atau mobil keluarga.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penggunaan uang di rekening keluarga untuk hal-hal lain yang bisa menimbulkan pertengkaran. Pengaturan anggaran amat perlu dalam sebuah rumah tangga.

Susunlah sebuah rencana anggaran rumah tangga mulai dari berapa jumlah pendapatan anda tiap bulan dan jumlah pengeluaran tiap bulan. Hitung semua pengeluaran, apakah sudah sesuai atau malah pengeluaran terlalu banyak.

Jika ternyata pengeluaran terlalu banyak anda bisa mulai mengurangi pos pengeluaran yang tidak penting seperti mengurangi makan di luar atau membawa makanan sendiri untuk makan siang di kantor. Kita tidak tahu kapan ada anggota keluarga yang sakit atau tertimpa musibah, untuk itu selalu sediakan pos untuk kebutuhan tidak terduga.

Anda harus benar-benar disiplin dalam menyisihkan uang untuk mencicil sesuatu entah itu mobil, motor, atau rumah. Sisihkan uang penghasilan anda setiap bulan untuk membayar cicilan tersebut, usahakan untuk jangan pernah menggangu pos pengeluaran untuk cicilan tersebut sampai benar-benar lunas.

Hal ini berguna bagi pasangan baru yang masih tinggal dengan mertua atau masih menyewa tempat tinggal. Dengan disiplin menabung atau membayar cicilan, anda bisa semakin cepat memiliki rumah sendiri. Selalu evaluasi masalah pengeluaran keuangan keluarga anda sebulan sekali.

Selalu bicarakan dengan pasangan jika anda ingin mengambil langkah-langkah keuangan, hal ini dimaksudkan untuk mencegah perasaan bahwa anda terlalu mendominasi urusan keuangan keluarga dan juga menghindari perselisihan karena pengambilan keputusan yang sepihak.

Coba selalu diskusikan terlebih dahulu jika anda berniat ingin membeli sesuatu yang membutuhkan pengeluaran uang besar seperti mobil, rumah, atau investasi masa depan.

Untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkendali dari salah satu pasangan, ada baiknya anda berdua saling terbuka mengenai berapa pengeluaran yang anda butuhkan setiap bulan.

Serahkan pengaturan keuangan hanya kepada salah satu pasangan saja. Namun yang harus diingat adalah tugas pengatur keuangan keluarga hanya mengatur pengeluaran dan pemasukan, semua kebijakan harus dibicarakan bersama. (ai)

This entry was posted in

Berikan Komentar Anda Untuk Tips Ini